5 Hal Yang Memengaruhi Seberapa Sering Kamu Boleh Keramas

 




Keramas adalah salah satu perawatan rambut paling dasar yang dilakukan semua orang. Tapi, keramas pun tidak bisa dilakukan sembarangan. Terlalu sering keramas justru berakibat tidak baik bagi kesehatan rambutmu, salah satunya membuat rambut jadi kering.

Beberapa orang terbiasa keramas setiap hari. Namun kadang, hal ini dilakukan bukan karena rambut butuh dibersihkan setiap hari, melainkan karena sudah jadi kebiasaan. Nah, supaya kamu tahu seberapa sering kamu boleh keramas, perhatikan 5 faktor berikut, seperti dilansir dari Healthline.

1. Produksi minyak
Kulit kepala, seperti halnya kulit di area tubuh lainnya, juga memproduksi minyak. Dan beberapa orang memproduksi minyak lebih banyak daripada yang lain. Minyak yang berlebih pada rambut dan kulit kepala tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman, karena rambut akan terlihat lepek dan mudah kotor.

Produksi minyak pada kulit kepala dipengaruhi oleh usia, genetik, jenis kelamin, dan lingkungan. Jadi, jika Anda bukan termasuk orang yang memproduksi minyak berlebih pada kulit kepala, tak perlu terlalu sering keramas.

2. Jenis rambut
Orang dengan rambut lurus dan tipis akan lebih sering mencuci rambutnya dibandingkan mereka yang memiliki rambut keriting atau bergelombang. Hal ini karena rambut lurus mudah dilapisi sebum sehingga lebih cepat berminyak. Rambut tebal bergelombang atau keriting cenderung kering karena minyak tidak melapisi helai rambut dengan mudah.

Terlalu sering keramas, terutama dengan sampo yang keras, dapat merusak batang rambut dan menyebabkan rontok. Apalagi jika dikombinasikan dengan perawatan kimiawi atau gaya rambut seperti kepang ketat yang menarik ke akar. Itu sebabnya, pemilik rambut keriting tidak perlu terlalu sering keramas.

3. Keringat
Faktor lain yang membuat seseorang sering keramas adalah keringat. Tak hanya membuat rambut terasa kotor, keringat juga akan membuat rambut jadi bau. Jika Anda sering mengalami berkeringat berlebih, misal sesudah berolahraga, Anda boleh sering keramas.

4. Aktivitas di luar ruangan
Terlalu sering berada di luar ruangan akan membuat kotoran dan debu mudah menempel di batang rambut. Akibatnya, rambut menjadi kusam. Anda boleh sering-sering keramas jika memiliki kegiatan yang padat di luar ruangan.

5. Produk penata rambut
Produk penata rambut juga akan membuat rambut jadi kusam dan kering jika tidak segera dibersihkan. Jadi, jika Anda terbiasa menggunakan produk penata rambut sehari-hari, Anda boleh keramas lebih sering daripada biasanya

Posting Komentar

0 Komentar